Jumat, 28 November 2014

Waktu yang tepat untuk berdoa



Waktu yang tepat untuk berdoa

Perintah untuk berdoa
            Lantas apa yang engkau lakukan bila mengalami kesulitan yang seolah tak ada ujung pangkalnya? Kalau engkau menjawab dengan berdoa, itu sudah tepat. Karena apa, Saudaraku? Ketahuilah, dihadapan Allah Swt manusia tak ada artinya. Ia hanya sebagian kecil dari ciptaan-Nya diantara ciptaan-ciptaan lain yang bertebaran di alam semesta. Maka sangat tak layak kalau manusia menyombongkan diri, merasa sebagai mahluk paling berkuasa di muka bumi dan bisa menyelesaikan semua persoalan yang ia hadapi. Juga tak pantas kalau kemudian berputus asa karena merasa tak mampu menghadapi cobaan yang ada.
Wahai saudaraku, ketahuilah salah satu kunci agar doa dikabulkan oleh Allah Swt penting bagi kita mengetahui waktu yang tepat untuk berdoa.  Jika kita mengetahui insya Allah doa kita akan langsung di dengarkan dan dikabulkan.
Penting juga bagi kita untuk meyakini, bahwa doa yang kita panjatkan insya allah akan dikabulkan oleh Allah Swt.
Maka kenalilah waktu-waktu yang tepat untuk berdoa Insya Allah;
Malam Lailatul Qodar
Malam Lailatul Qodar memang malam yang mulia. Tentang hal itu dijelaskan dalam surat Al Qadr, yang artinya :
“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (al qur’an) pada malam kemuliaan (Lailatul Qodr). Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”
Disebut sebagai Lailatul Qodr karena pada malam itu malaikat akan turun untuk mengucapkan salam sejahtera kepada para penduduk bumi. Disebut juga dengan nama Lailatul Syaraf (malam kemuliaan) atau Lailatul Tajalli yang artinya malam Allah Swt melimpahkan cahaya dan hidayah-Nya kepada orang yang berpuasa dan beribadah pada malam itu.
Maka pada malam yang mulia ini perbanyaklah doamu. Bangunlah di tengah malam untuk memanjatkan doa.
          Hari Arofah
Saudaraku, hari Arofah merupakan hari ketika umat Islam yang sedang menunaikan Haji melakukan wukuf. Jika engkau kebetulan sedang melaksanakan ibadah haji maka perbanyaklah doa pada hari tersebut.
            Pada Bulan ramadhan
Ketahuilah, saudaraku, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini pintu langit akan dibuka lebar-lebar sehingga saatnya bagi dirimu untuk beramal dan berdoa.
            Rasulullah Saw bersabda:
“Bagi orang yang berpuasa itu ada doa yang tidak akan ditolak pada saat ia berbuka.” (HR. Baihaqi)
            Pada Pertengahan malam
Pada tengah malam ketika orang terbuai dalam mimpi, adalah saat yang tepat bagimu untuk memanjatkan doa. Saat itulah pintu-pintu langit akan dibuka sehingga engkau bisa berhadapan langsung dengan Allah Swt. Oleh karena itu, wahai saudaraku, bangunlah tengah malam, ambil air wudhu, tunaikan shalat tahajud, kemudian berdoalah.
            Perhatikanlah sabda Rasulullah Saw berikut ini:
“Pada tiap malam, Allah akan turun ke bumi ketika tersisa sepertiga malam akhir. Maka Allah berfirman: ‘Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, pasti akan aku beri, dan siapa saja yang meminta ampunan kepada-Ku pasti akan aku ampuni.” (HR. Malik, Muslim, Bukhari, Tirmidzi)
Berdoa pada hari jumat
            Ketahuilah, saudaraku, hari Jum’at merupakan salah satu hari yang dimuliakan oleh Allah Swt. Jika engkau berdoa pada hari Jum’at, Insya Allah, doamu akan dikabulkan.
            Rasulullah Saw bersabda:
Bahwasannya Rasulullah Saw pernah menyebut hari Jum’at, lalu bersabda, “Pada hari Jum’at itu ada satu saat yang apabila kebetulan seorang Muslim bediri shalat sambil meminta sesuatu (berdoa) kepada Allah ‘Azza wa Jalla, maka Allah akan memberinya (apa yang dia minta), seraya rasul mengisyaratkan dengan tangannya menyedikitkan saat itu.” (Muttafaq ‘Aliah)
Begitulah keutamaan hari Jum’at, wahai saudaraku. Jangan buang kesempatan itu. Berdoalah sebanyak-banyaknya pada hari Jum’at.
            Antara adzan dan iqomat
          Belum banyak yang mengetahui kalau antara adzan dan iqomat merupakan saat yang tepat untuk berdoa. Ketauilah saudaraku, jika engkau berdoa pada waktu ini doamu tak akan ditolak (insya Allah)
            Rasulullah Saw bersabda:
            “Doa diantara adzan dan iqomat tidak akan ditolak.” (HR. Tirmidzi)
            Saat bersujud
            Ketahuilah, saudaraku, saat terdekat dirimu dengan Allah Swt yaitu saat engkau bersujud. Karena Allah Swt dekat denganmu maka Dia akan mengabulkan doamu. Oleh karena itu, perbanyaklah doa ketika engkau sedang bersujud.
Rasulullah Saw bersabda:
“Jarak yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya ialah ketika sujud. Maka perbanyaklah doa (di waktu itu).” (HR. Muslim)
Sangat dianjurkan ketika bersujud engkau berdoa meminta ampunan kepada Allah Swt.
            Rasulullah Saw bersabda:
“Tidak seseorang menaruh keningnya bersujud kepada Allah, dan ia berkata, “Tuhanku, ampunilah dosaku ---Tiga kali--- kecuali pada saat ia mengangkat kepalanya telah diampuni dosanya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)
Muhammad Rasyid al Jabar
Mukjizat Doa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar