10 Kapal Tanker Terbesar di Dunia
Jika
ditanya tentang apa kapal terbesar di dunia? Ketika semua orang mendengar
pertanyaan ini, nama pertama yang datang ke pikiran kita adalah Titanic. Sudah
tidak diragukan lagi, Titanic merupakan salah satu kapal yang paling terkenal
dan cukup berkesan dalam perjalanan panjangnya sebagai salah satu kapal
terbesar di dunia.
Sebenarnya,
masih ada kapal raksasa yang banyak selain titanic yang kebanyakan dari kita
tidak menyadari dan mengetahui. Oleh karena itu, artikel ini membahas 10 daftar
kapal terbesar yang pernah yang berlayar di lautan yang luas. Transportasi
menggunakan kapal mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing
Kapal-kapal
besar saat ini mengangkut hampir 90% dari apa pun yang dunia hasilkan. Kapal
terpanjang di dunia tercatat sesuai dengan panjang keseluruhan (LOA), yang
merupakan panjang maksimum kapal yang diukur antara titik-titik di depan dan
belakang. Selain bobot mati ton kapal (DWT) dan gross ton (GT) disajikan
seperti yang sering digunakan untuk menggambarkan ukuran kapal.
Berikut
10 daftar kapal tanker terbesar dan favorit saat ini yang memiliki
catatan perjalanan yang panjang di lautan luas :
1.
Seawist Giant
Seawist
Giant adalah kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun hingga saat
ini. Seawise Giant dan selanjutnya Happy Giant, Jahre Viking, dan Knock Nevis,
adalah supertanker ULCC dan kapal terpanjang yang pernah dibangun, dan memiliki
bobot ton mati terbesar yang pernah dicatat.
Seawist
Giant dibangun pada tahun 1979 oleh Sumitomo Heavy Industries, Ltd di
galangan Oppama mereka di Yokosuka, Kanagawa, Jepang. Galangan ini terakhir
kali digunakan sebagai gudang penyimpanan terapung dan offloading unit yang
(FSO) ditambatkan di lepas pantai Qatar di Teluk Persia di Lapangan Minyak
Shaheen Al.
Kapal
dijual kepada seorang broker India, dan berganti nama dengan Mont untuk
perjalanan terakhirnya pada Desember 2009. Kapal berlayar ke Alang, Gujarat,
India untuk pembongkaran. Seiring menjadi kapal terbesar dunia, Seawist
Giant juga memegang gelar sebagai kapal tanker minyak terbesar yang
pernah dibangun.
Dengan
tonase bobot mati hampir besar 564.700 nada dan kecepatan diatas 16 knot, Giant
Seawise telah setia melayani dunia dan berlayar di laut lepas selama 30
tahun mengejutkan hingga tahun 2009. Seawist Giant juga disebut Ratu
lautan dan sungai dengan panjang mencapai 1.504 kaki yang membuatnya kapal
terbesar di dunia.
Ini
adalah kapal terbesar ke-2 yang pernah dibangun di sejarah umat manusia tapi
itu tidak berlangsung cukup lama seperti yang diharapkan. Pierre Guillaumat
merupakan kapal supertanker yang dibangun pada tahun 1977 oleh Chantiers de
l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk perusahaan Compagnie Nationale de Navigasi.
Pierre Guillaumat, yang merupakan kapal ketiga dari supertanker kelas Batillus
(tiga lainnya, sedikit lebih kecil seperti Batillus, Bellamya dan Prairial),
dibedakan sebagai kapal terbesar yang pernah dibangun, melampaui ukuran Seawise
Giant yang dibuat pada tahun 1976, dan kemudian diperpanjang lagi, meskipun
empat kapal dari kelas Batillus mempunyai bobot kotor tonase yang lebih besar.
Dinamakan
seperti politikus Perancis dan pendiri industri minyak Elf Aquitaine, Pierre
Guillaumat, kapal tersebut selesai dan mulai berlayar pada tahun 1977. Karena
tidak menguntungan, ditambah dengan ukuran kapal yang besar yang tidak memadai,
Guillaumat Pierre ditahan di Fujairah pelabuhan sejak 2 Februari 1983, dan
kemudian pada tahun itu, dibeli oleh Hyundai Corporation, dan diganti dengan
nama Ulsan Master, kapal tersebut tiba di Ulsan, Korea Selatan untuk
pembongkaran pada tanggal 19 Oktober 1983.
Karena
berukuran raksasa, Guillaumat Pierre tidak bisa melewati terusan Panama
atau Suez. Pierre Guillaumat berlayar hanya 6 tahun sebelum dibuang karena
alasan tidak menguntungkan. Karena struktur kapal yang besar, sangat sulit bagi
banyak pelabuhan untuk menyediakan parkir. Tonase bobot mati Pierre Guillaumat
hampir 555.000 ton dengan kecepatan maksimal 16 knot. Panjang Pierre Guillaumat
hampir 1.360 kaki.
3.
Batillus
Batillus
merupakan kapal supertanker yang dibangun pada tahun 1976 oleh Chantiers de
l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk perusahaan minya Perancis,Shell. Ini
merupakan kapal pertama dari supertanker kelas Batillus. Batillus, bersama
dengan kapal sekelasnya, Bellamya, Pierre Guillaumat dan Prairial, adalah salah
satu kapal terbesar di dunia, melampaui dalam hanya ukuran Seawist Giant yang
dibangun dibangun pada tahun 1976, dan diperpanjang pada tahun 1981 ,
meskipun empat kapal dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang lebih
besar.
Perjalanan
terakhirnya adalah dari Vestnes menuju Kaoshiung (Taiwan) di mana ia tiba pada
tanggal 28 Desember 1985 untuk dibuang. Salah satu alasan utama Batillus
tidak dipakai lagi adalah untuk menghemat biaya dan kurangnya permintaan
pembuatan kapal.Kapasitas bobot mati dari Batillus hampir 554.000 dan kecepatan
kapal besar ini sekitar 16 sampai 17 knot. Panjang Batilluswas hampir 1.359
kaki.
4.
Prairial Supertanker
Prairial
merupakan supertanker yang dibuat pada tahun 1979 oleh Chantiers de
l’Atlantique di Saint-Nazaire untuk perusahaan Compagnie Nationale de Navigasi.
Prairial yang merupakan kapal keempat dan terakhir dari supertanker kelas
Batillus (tiga lainnya adalah Batillus, Bellamya dan Pierre Guillaumat).
Kapal
ini memiliki karir lebih dari tiga puluh tahun, berlayar sampai 2003, meskipun
dengan menggunakan nama yang berbeda: Sea Brilliance (1985), Hellas Fos
(1986) and Sea Giant (1997). Dia juga dibedakan sebagai kapal terbesar ketiga
yang pernah dibangun, melampaui dalam ukuran hanya dengan Raksasa Seawise
built-in tahun 1976 dan kemudian diperpanjang, dan adik nya kapal Pierre Guillaumat.
Prairial
merupakan kapal tanker minyak yang telah melayani dunia selama hampir 34 tahun
dengan mengangkut minyak mentah dan barang ke seluruh dunia. Dengan kapasitas
bobot mati besar hampir 555.000 ton, Prairial telah menantang banyak badai laut
dalam pelayaran dan melewati tiap rintangan berkali-kali. Panjang Prairial
sekitar 1.359 kaki dan kecepatan hampir 16 knot.
Esso
Atlantik merupakan salah satu nama yang bersejarah dan paling populer dalam
kategori kapal-kapal besar. Kapal besar ini telah melayani dunia hampir 35
tahun. Kapal tanker minyak ini memiliki kapasitas bobot mati hampir 516.000
ton. Panjang kapal ini besar adalah 1.334 kaki dan kecepatan kapal dapat
mencapai 16 knot. Esso Atlantic kemudian tidak dipakai lagi dan dibuang
di Pakistan.
6. Emma Maerskis
Dalam
daftar 10 kapal terbesar dunia, saat ini Emma Maerskis masih beroperasi.
Seiring dengan judul ini, Emma Maersk adalah kapal kontainer pertama di kelas
E-delapan yang dimiliki oleh Grup Moller-Maersk AP. Ketika diluncurkan pada
tahun 2006, Emma Maersk adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibangun.
Pada
tahun 2010, ia dan tujuh adik nya adalah kapal kontainer terpanjang yang pernah
dibangun dan kapal-kapal terpanjang yang sedang digunakan. Setelah kapal terbesar
yang pernah dibangun, Seawise Giant, secara permanen ditambatkan pada tahun
2004 dan dihapuskan di 2010. Secara umum, Emma Maersk mampu membawa sekitar
11.000 (TEU) atau 14.770 TEU tergantung pada definisi.
Ini
adalah kapal kontainer yang membawa banyak jenis barang dari negara ke negara.
Emma Maersk memasuki lautan pada bulan Agustus 2006 dengan kapasitas tonase
bobot mati hampir 159.000 dan kecepatan hampir 26 knot yang membuatnya salah
satu kapal kontainer tercepat di dunia juga. Panjang kapal besar besar adalah
1.305 kaki.
TI
Class Supertanker Oceania adalah salah satu kapal yang paling menarik yang
pernah dibangun dengan kemampuan mengangkut minyak mentahnya. TI Oseania adalah
kapal tanker minyak besar yang masih beroperasi bahkan setelah rutinitas
perjalanan yang sulit selama 9 tahun.
Tonase
bobot mati TI Oseania adalah sekitar 440.000 ton dengan kecepatan antara
16 sampai 18 knot. Kapal TI Oceanis merupakan masterpiece yang sangat sarat
dengan teknologi untuk semua rintangan yang mungkin terjadi selama
perjalanan. Jika Anda melihat TI Oseania dari langit atau dari jarak jauh,
hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah sebuah es raksasa yang
mengambang di atas air. Panjang TI Oseania adalah 1.246 kaki.
Globtik
Tokyo memulai pelayaran pada bulan Februari 1973 sebagai pelayaran pertamanya.
Kapal ini adalah salah satu kapal tanker minyak terbesar pada masanya dengan
panjang 1.243 meter dan tonase bobot mati hampir 484.000 ton dan kecepatan
tertinggi 16 sampai 17 knot. Globtik Tokyo telah berkeliling dunia terus
menerus selama 13 tahun berturut-turut sampai akhir hidupnya. Kombinasi merah
dan hitam mewarnai skema pada tubuh Globtik Tokyo, ketika bergerak di atas air
memberikan pandangan yang bagus untuk semua orang, sangat terlihat indah dan
terlihat besar.
9.
Jarmada Class
Jarmada
kelas mulai beroperasi pada Juli 1975 untuk membawa minyak ke berbagai penjuru
dunia. Dengan panjang 1.225 meter dan kecepatan hampir 16 knot, kelas Jarmada
telah mencatat banyak perjalanan yang berhasil
Dengan
masa kerja yang panjang hampir 32 tahun, Jarmada kelas berakhir pada tahun
2008. Tonase bobot mati dari kapal ini adalah 380.000 ton. Jarmada class telah
pensiun empat tahun lalu dan sekarang sedang digunakan sebagai tongkang
tangki penyimpanan.
MS
Vale Brasil, yang dimiliki oleh perusahaan tambang asal Brasil, Vale merupakan
kapal kargo pembawa hasil tambang terbesar di dunia .Dirancang untuk membawa
bijih besi dari Brasil ke Asia sepanjang rute sekitar Cape Town, Afrika
Selatan,MS Vale Brasil merupakan kapal pertama dari tujuh kapal dengan
mengangkut bijih besi 400.000 ton diperintahkan oleh Vale dan dipesan oleh
Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering di Korea Selatan dan dua
belas perusahaan dari Industries Jiangsu Rongsheng Berat di dekat China.
MS
Vale Brasil merupakan kapal kargo pembawa tambang terbesar dengan
dengan panjang 1.188 meter dan bobot kotor hampir 199.000 ton. Vale
Brasil memulai pelayaran perdananya pada bulan Mei 2011 dan sejak saat itu
memulai perjalanan untuk mentransfer bahan kargo dari satu negara ke negara
lain. Dengan kecepatan maksimum 14,9 knot, Vale Brasil dapat membawa
angkutan hingga hampir 400.000 ton. Vale Brasil juga salah satu operator
pembawa kargo barang terbesar di dunia dalam membawa bijih besi..
keren banget pengin kerja disitu hehe
BalasHapushehe
BalasHapusboleh bang... asal tahan tahan aja jarang pulang kekampung halaman :)
salam Blogeer bang.
Pengen berlayar dengannya
BalasHapusKangen ama gelombang laut, ex sailor
BalasHapusKangen ama gelombang laut, ex sailor
BalasHapusKangen ama gelombang laut, ex sailor
BalasHapusKangen ama gelombang laut, ex sailor
BalasHapusKangen ama gelombang laut, ex sailor
BalasHapus