Senin, 03 Juni 2013

Saat Meninggal yang Paling Baik




Saat Meninggal yang Paling Baik

Ibn Mas’ud menuturkan bahwa Rasulullah  saw. bersabda, “Barangsiapa yang waktu kematiaannya bertepatan dengan berakhirnya bulan Ramadhan, dia akan masuk surga. Barangsiapa yang kematiaannya bertepatan dengan berakhirnya ibadah di Arafah, dia akan masuk surga. Barangsiapa yang waktu kematiaannya bertepatan dengan berakhirnya sedekah, dia pun akan masuk surga.” (HR. Abu Nu’aym).

            Sedangkan dari Hudzayfah diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan La Illaha illa Allah karena mengharap keridhaan Allah, yang dengannya dia menutup masa hidupnya, dia akan masuk surga. Barangsiapa yang berpuasa suatu hari karena mencari keridhaan Allah, yang dengannya dia menutup kehidupannya, dia juga akan masuk surga. Barangsiapa yang mengeluarkan sedekah karena mencari keridhaan Allah, yang dengannya dia mentutup akhir hidupnya, dia akan masuk surga.” (HR. Ahmad).

            Abu Nu’aym menuturkan riwayat dari Khaytsamah.disebutkan bahwa para sahabat merasa bangga jika seorang meninggal dunia ketika dia sedang mengerjakan suatu kebaikan, baik sedang menjalankan ibadah haji, umrah, sedang berperang, ataupun ketika sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan.

            Aisyah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw, bersabda, “Barangsiapa yang meninggal dunia dalam keadaan berpuasa, Allah akan menetapkan baginya telah berpuasa sampai hari kiamat kelak.” (H.R. Ad-Daylami).

            Sedangkan dari Jabir diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang meninggal dunia pada malam hari jumat atau hari jumat, dia akan dipelihara dari azab kubur. Pada hari kiamat kelak, dia akan datang sedangkan pada dirirnya melekat tanda syuhada.” (HR. Abu Nu’aym).

            Hamid, melaui Sa’ad ibn Tharif al-Iskaf, menuturkan riwayat dari Abu Ja’far. Dia mengatakan, “Malam Jumat itu mulia dan hari jumat juga sangat terang. Barangsiapa yang meninggal dunia pada malam jumat, Allah akan menetapkan baginya kebebasan dari azab kubur. Barangsiapa yang meninggal dunia pada hari jumat, dia akan dilindungi dari api neraka.”

Ziarah ke Alam Barzakh
Imam Jalaluddin as-Suyuthi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar